Sains Tekno Park sebagai Pusat Enterpreneur Berwawasan Teknologi Terkini

Opini, ITS News – Internet of Things (IoT), teknologi terkini yang memanfaatkan ketersambungan dengan internet, adalah teknologi yang sedang dan akan mengubah lebih dalam budaya serta seluruh sendi kehidupan manusia.

Pemerintah sedang bergiat menggerakkan penguasaan dan pemanfaatan teknologi IoT bagi masyarakat melalui beberapa Kementeriannya. Kemenristekdikti menargetkan 1000 start-up di 2019, melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT). Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan pelatihan kepada para pebakat bisnis digital melalui program 1000 digitalent.

Sudah saatnya, ITS bersiap mengambil posisi sebagai kontributor utama di Indonesia, mengingat ITS telah memiliki aset aset pendukung, termasuk Pusat Unggulan Iptek dan Pusat Riset yang merupakan rintisan awal menuju enterpreneurial university.

Target ITS untuk menjadi leader tersebut, merupakan langkah yang sejalan dengan arahan Rencana Induk Pengembangan (RENIP) dan Renstra ITS. ITS akan semakin luas dalam memberi kontribusi kepada negara, tidak saja menjadi penyedia tenaga kerja untuk industri, memupuk pemimpin-pemimpin bagi negeri, namun juga menyemai anak-anak bangsa untuk menjadi pencetak sekaligus menjadi pemilik industri-industri baru: entrepreneur muda dan start-up.

ITS 2019 adalah momen tepat untuk menjadi ITS Baru, melanjutkan langkah-langkah awal yang semula berupa rintisan, menjadi program dan kegiatan terstruktur ITS Sains Tekno Park (ITS STP). Melalui gedung-gedung pusat riset, ITS bergerak menyediakan co-working space bagi industri-industri baru. ITS bersama mitranya juga perlu memoles SDM yang unggul di bidangnya untuk lebih berorientasi kepada enterpreneur dengan berwawasan teknologi terkini.

Merupakan kesempatan yang baik apabila mahasiswa ITS secara terus menerus diberikan wawasan tentang hal ini. Seperti yang penulis telah lakukan pada berbagai kesempatan, termasuk ketika memberikan Kuliah Umum Wastek dan Teknoprener di Gedung Robotika ITS pada hari Sabtu 27 Oktober 2018, bersama Direktur Enterprise PT Telkom Indonesia.

Majulah ITS …

Prof. Dr Mochamad Ashari
Guru Besar Teknik Elektro ITS
Rektor Telkom University 2013-2017
Bakal Calon Rektor ITS 2019-2024

Source

https://www.its.ac.id/news/2018/10/29/sains-tekno-park-sebagai-pusat-enterpreneur-berwawasan-teknologi-terkini/